ARCADE 2016

Accounting Rapprochement and Education Experience atau disebut ARCADE adalah kegiatan baru yang digagas oleh Prodi S1 Akuntansi UNPAR yang berfokus pada pembentukkan dan pembinaan soft skill bagi para mahasiswa baru angkatan 2016. Kami menyadari bahwa soft skill memiliki peranan penting untuk mencapai kesuksesan. Karenanya diperlukan adanya suatu upaya dan perhatian khusus dari Prodi terkait dengan hal ini. ARCADE dibentuk dengan tujuan utama melakukan pembinaan soft skill bagi para mahasiswa/i agar mereka dapat tumbuh dan berkembang selama masa perkuliahan – yang pada akhirnya dapat menjadi lulusan yang dibekali dengan keunggulan hard skill dan  soft skill sehingga siap diserap oleh para pengguna lulusan.

ARCADE 2016 diselenggarakan pada tanggal 18 – 20 Agustus 2016, berlokasi di Natural Hill, Jalan Kolonel Masturi RT 02/06, Desa Sukajaya, Lembang.

  

Arti ARCADE yang dijadikan nama untuk acara ini memiliki arti sebagai berikut:

Accounting:

  • Sebagai cabang dari ilmu ekonomi yang memiliki arti serangkaian proses sistematis untuk mengidentifikasi, mencatat, mengukur, mengklasifikasi, menganalisa, menginterpretasi, dan mengkomunikasikan informasi keuangan (dan non keungan).
  • Penggunaan terminologi “Accounting” dalam acara ARCADE dipakai sebagai identitas bahwa acara ini diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi dan pesertanya adalah mahasiswa/i Prodi S1 Akuntansi FE UNPAR

Rapprochement:

  • Berasal dari istilah bahasa Prancis yaitu: re dan approcher yang secara harafiah memiliki arti “mendekati kembali”.
  • Dalam penggunaannya, istilah Rapprochment memiliki makna pemufakatan (reconciliation), peningkatan kesepahaman (enhanced understanding), kerja sama (cooperation), dan harmonisasi (harmonization).
  • Penggunaan terminologi “Rapprochment” dalam acara ARCADE adalah untuk menegaskan tujuan utama dari acara ini.

Education:

  • Memiliki makna sebagai suatu proses untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran, atau penciptaan dan atau penghantaran pengetahuan, kemampuan, nilai, serta kebiasaan.
  • Penggunaan terminologi “Education” dalam acara ARCADE adalah untuk menggambarkan proses pelaksanaan acara ini yang salah satunya dilakukan menggunakan pendekatan edukasional.

Experience:

  • Memiliki arti sebagai suatu cara untuk mendapatkan pengetahuan melalui aktivitas yang dilakukan (doing), memperhatikan atau mengamati (seeing), dan merasakan atau menghayati makna (feeling).
  • Penggunaan terminologi “Experience” dalam acara ARCADE adalah untuk menggambarkan proses pelaksanaan acara ini yang dilakukan dengan cara penghantaran nilai dalam bentuk pemberian pengalaman bagi para peserta.

Terminologi “ARCADE” juga memiliki arti sebagai salah satu jenis permainan yang mengasah nalar dan juga ketangkasan dari pemainnya. Arcade juga memiliki makna gerbang atau pintu masuk, yang sesuai dengan simbolisasi masuknya para mahasiswa ke pintu gerbang perkuliahan.

 

 

X