Internal Audit Management Competition 2018/2019

Kegiatan kompetisi internal Audit Manajemen pada hari Jumat, 3 Mei 2019 dilangsungkan di Aula Fakultas Ekonomi. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Audit Manajemen semester Genap 2017/2018 yang berasal dari 3 kelas dengan total 175 mahasiswa.

Acara ini dibuka oleh : Dr. Sylvia Fettry Elvira Maratno, S.E., S.H., M.Si., Ak.  Selaku Ketua Program Studi Akuntansi  dan diberikan pesan manfaat dari kegiatan lomba audit manajemen oleh Prof Dr Hamfri Djajadikerta, MM. Serta dipaparkan peranan Akuntan di era revolusi industry 4.0.

Yang menjadi juri adalah para dosen di bidang Audit Manajemen yaitu:

  • Dr. Amelia Setiawan, S.E., M.Ak., Ak., CISA.
  • Michael, S.E., M.Ak., CMA, PFM.
  • Samuel Wirawan, S.E., M.M., Ak.

Pada tahun ini yang menjadi fokus audit adalah 15 sub sektor industri kreatif di Indonesia.

Para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Audit Manajemen diberikan tugas untuk melakukan audit manajemen terhadap suatu perusahaan secara riil sebagai objek pemeriksaan dalam upaya meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan ekonomis dari kegiatan operasi yang menjadi fokus pemeriksaan sesuai analisis pendahuluan yang dilakukan. Kemudian, para mahasiswa ditugaskan untuk menyusun tahapan pemeriksaan dan melakukan pemeriksaan lapangan. Hasil dari pemeriksaan lapangan tersebut selanjutnya dikembangkan agar dapat menjadi suatu rekomendasi yang dapat diberikan kepada subjek pemeriksaan dalam rangka melakukan suatu perbaikan.

Acara ini terdiri dari 2 sesi yaitu :

  • Sesi Semi Final yang diikuti oleh 9 tim yang merupakan perwakilan dari 3 kelas di mana dari setiap kelas dipilih 3 tim terbaik. Dalam sesi ini, setiap tim diwajibkan untuk mempresentasikan hasil pemeriksaan operasional yang telah mereka lakukan. Setelah itu, para juri mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan hasil pemeriksaan tersebut. Tim-tim yang berhasil lolos ke sesi Semi Final tersebut yaitu :

Berdasarkan hasil dari penilaian pada sesi tersebut, dipilihlah tim

  • Cariawan Papelaria ( KYUB Studio)
  • Happy Tree Friends ( Matoa Indonesia )
  • Serendipity ( PT Balai Iklan)
  • Staka (OZT Café)
  • Andante Warriors  ( Lawang Wangi Creative Space )
  • All in The Mind  (Kreasi Pala Nusantara )
  • Wynstelle  ( Griya Seni Popo Iskandar )
  • The Last Minutes ( Nara Park)
  • Fiery Immortals (Centrum Million Balls )

3 tim terbaik yaitu:

  • Happy Tree Friends (Matoa Indonesia)
  • Staka (OZT Café)
  • The Last Minutes (Nara Park)

Pemilihan 3 tim terbaik diatas didasarkan pada penilaian:

  • Tugas hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.
  • Kemampuan presentasi.
  • Kemampuan mempertahankan hasil pemeriksaan dan menjawab pertanyaan.

Pada sesi ini, 3 tim terbaik yang telah lolos melakukan debat. Ketiga tim yang telah lolos tersebut kemudian terbagi menjadi 3 pihak yaitu 1 tim sebagai pihak penanya, 1 tim sebagai pihak pro, dan 1 tim sebagai pihak kontra. Pembagian tersebut didasarkan pada undian yang diambil oleh setiap perwakilan tim. Sebelum debat dimulai, pihak pro dipersilahkan untuk mengambil undian tentang topik yang menjadi bahan debat.

Selanjutnya, setiap tim diberikan waktu selama 2 menit untuk berdiskusi. Setelah waktu berdiskusi habis, MC mengarahkan ketiga tim untuk memulai debat dengan mempersilahkan pihak pro untuk memberikan statement pro yang berkaitan dengan topik yang diberikan dalam waktu 2 menit. Lalu, pihak kontra juga diberikan waktu selama 2 menit untuk memberikan statementnya, disusul dengan pertanyaan dari pihak kontra atas statement pihak pro. Selanjutnya, pihak pro memberikan jawaban atas pertanyaan dari pihak kontra tersebut, dilanjutkan dengan tanggapan dari pihak kontra, dan balasan jawaban lagi dari pihak pro. Kemudian, pihak pro juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atas statement dari pihak kontra selama 2 menit. Lalu, pertanyaan tersebut harus dijawab oleh pihak kontra dalam waktu 1 menit. Diikuti dengan tanggapan dari pihak pro dan jawaban lagi dari pihak kontra. Waktu yang diberikan untuk setiap tanggapan dan jawaban dari masing-masing pihak adalah 1 menit. Berikutnya, penanya diberikan waktu selama 1 menit untuk mengajukan pertanyaan atas statement pihak pro dan pihak pro dipersilahkan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut selama 1 menit. Pihak penanya juga diberikan waktu selama 1 menit untuk mengajukan pertanyaan atas statement pihak kontra dan pihak kontra dipersilahkan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut selama 1 menit. Setelah selesai, setiap pihak kemudian secara bergantian menjadi pihak penanya, pihak pro, dan pihak kontra.

Dari sesi ini ditentukan juara oleh tim juri dengan hasil sebagai berikut :

  • Juara 1             : The Last Minutes  (Nara Park)
  • Juara 2             : Happy Tree Friends ( Matoa Indonesia)
  • Juara 3             : Staka ( OZT Café)

Selain penentuan juara 1, 2, dan 3, dipilih pula beberapa juara terbaik sebagai berikut:

  • Best Paper        : Cariawan Papelaria ( Kyub Studio)
  • Best Presenter  : Biaggi Yohanes (The Last Minutes – Nara Park)
  • Best Team        : Fiery Immortals ( Centrum Million Balls)
  • Best Video       : The Last Minutes ( Nara Park)

Melalui kegiatan Management Audit Competition ini, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

  • Bagi peserta:

Peserta lomba audit manajemen diharapkan dapat lebih mendalami dan menggali konsep pemeriksaan operasional secara menyeluruh dan komprehensif dari praktik langsung di lapangan. Diharapkan dari praktik langsung di lapangan ini, peserta lomba mampu memahami cara, teknik, dan manfaat dari melaksanakan pemeriksaan operasional demi perbaikan kinerja perusahaan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Peserta juga dapat memperoleh pengetahuan langsung serta pengalaman langsung dari berbagai industri yang telah di audit.

  • Bagi panitia

Diharapkan para panitia lomba audit manajemen mampu melatih dan meningkatkan soft skill dalam aspek leadership, manajemen, dan team work yang sangat dibutuhkan untuk mengeksekusi dan mensukseskan kegiatan Management Audit Competition. Selain itu, diharapkan juga para panitia dapat memperoleh pengalaman baru dalam berorganisasi serta manajemen proyek.

  • Bagi presenter

Untuk presenter yang melakukan presentasi didepan seluruh peserta, penonton, dan dewan juri Management Audit Competition, para presenter diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan meningkatkan soft skill dalam bidang public speaking serta komunikasi. Di samping itu, diharapkan pula para presenter dapat melatih analytical skill, critical skill, dan kemampuan berpikir secara inovatif dalam menemukan solusi dan rekomendasi yang tepat bagi perusahaan yang mereka audit serta dalam menjawab pertanyaan. Tidak lupa juga, presenter dapat melatih kemampuan mereka dalam mengkomunikasikan hasil dan temuan dari audit manajemen yang telah mereka temukan di lapangan.