Internal Audit Methodology –Enterprise Risk Management

  

Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi – Universitas Katolik Parahyangan bekerja sama dengan PT Deloitte Konsultan Indonesia – Risk Advisory  menyelenggarakan Kuliah Tamu  pada Jumat 11 Mei 2018 dengan Topik : Internal Audit Methodology –Enterprise Risk Management. Kuliah Tamu ini dibawakan oleh Bpk Tommy Hartanto ( Alumnus Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi – UNPAR )  yang saat ini posisinya adalah Associate Director Deloitte Indonesia yang juga menduduki posisi Operation Leader dan Risk Leader dan Bapak Dea Fadhilah yang saat ini posisinya adalah Assistant Manager Deloitte Indonesia.

Kuliah tamu ini dilakukan dalam beberapa sesi yang tiap sesinya disertai dengan work group discussion sehingga memberikan gambaran secara langsung mengenai pembahasan yang dilakukan dan disertai berbagai pemutaran Film yang merupakan real case sehingga dapat memberikan pemahaman lebih mendalam.

Sesi pertama adalah pengenalan mengenai Profesi Akuntan di Big Four terutama di Deloitte seperti jenjang karir yang ada dan divisi – divisi yang ada di Deloitte Indonesia serta manfaat yang diperoleh ketika bekerja di dunia Profesi Akuntan seperti ilmu – ilmu terkini, kesempatan bekerja di regional Asia Tenggara maupun Asia dan Australia khususnya di Deloitte Indonesia.

Sesi kedua adalah pembahasan mengenai Business Chemistery, dalam sesi ini diperkenalkan mengenai 4 tipe personal dari tiap manusia yaitu Pioneers, Drivers, Integrators, dan Guardians. Untuk memberikan pemahaman masing – masing tipe personal tersebut diputarkan film animasi tokoh – tokoh dunia seperti Abraham Lincoln (Integrators), Queen Victoria (Guardians), Ernest Shackleton (Pioneers), dan Theodore Roosevelt (Drivers) yang menceritakan ringkasan perjalanan hidup masing – masing tokoh dunia tersebut. Kemudian masing – masing kelompok mahasiswa yang telah dibagi melakukan diskusi langsung apa saja ciri – ciri personal dari masing tokoh tersebut, selain itu mahasiswa berdiskusi satu sama lain mengenai bagaimana cara berinteraksi dengan tipe – tipe personal tersebut seperti antara atasan dan bawahan maupun sebaliknya.

Sesi ketiga adalah pembahasan mengenai Enterprise Risk Management, seperti apa itu risk, bagaimana respon terhadap risk, serta dilatih bagaimana memilah cause, risk event, dan impact dari contoh-contoh kasus yang ada. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemutaran film yang menceritakan riil case yang terjadi mengenai risk seperti bagaimana perusahaan tambang yang gagal mengelola risk dengan baik sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Sesi ini dilanjutkan dengan diskusi kelompok mengenai risk dengan diawali pemutaran Film mengenai kebocoran minyak British Petroleum di Amerika 2010.

Dalam kuliah tamu ini juga dilatih partisipasi aktif mahasiswa untuk mengemukakan pendapat dan juga melatih keterampilan mahasiswa presentasi di depan kelas selain itu juga melatih kerjasama dalam tim dan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam meyakinkan pihak lain dalam gagasan maupun ide dan saling beragumen satu sama lainnya.