Kompetisi Audit Manajemen Semester Genap TA 2017/2018

     

Salah satu tugas pada Mata Kuliah Audit Manajemen adalah mahasiswa melakukan suatu audit manajemen pada suatu perusahaan secara riil dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan operasi yang menjadi fokus pemeriksaan sesuai analisa pendahuluan yang dilakukan. Kemudian para mahasiswa harus menyusun tahapan pemeriksaan dan kemudian melakukan pemeriksaan lapangan. Hasil dari pemeriksaan lapangan tersebut dikembangkan untuk dapat diberikan suatu rekomendasi perbaikan untuk kemudian dipresentasikan pada acara Kompetisi Audit Manajemen. Pada tahun ini yang menjadi fokus audit adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang hiburan, pusat oleh-oleh, dan  pusat kuliner.

Acara ini telah diselenggarakan pada tanggal 27 April 2018, di Aula Gedung 9 Fakultas Ekonomi, dari pukul 08.30-17.20. Acara Kompetisi Audit Manajemen terdiri dari dua sesi, yaitu sesi 1-Sesi Semi Final, dalam sesi ini, setiap tim diwajibkan untuk mempresentasikan hasil pemeriksaan operasional yang telah mereka lakukan. Setelah itu, para juri mengajukan pertanyaan terkait dengan hasil pemeriksaan tersebut. Sesi 2- Final yang diikuti oleh 3 tim terbaik yang lolos dari sesi Semi Final. Topik yang menjadi bahan debat antara lain:

  1. Laporan lisan lebih efektif daripada laporan tertulis.
  2. Tahap reporting merupakan tahap terpenting dalam audit manajemen.
  3. Critical Problem lebih menjadi tantangan dalam audit manajemen dibandingkan Critical Area.

Juara pada acara Kompetisi Audit Manajemen Semester Genap 2017/2018 adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 : Vitasari
  2. Juara 2 : Jendela Alam
  3. Juara 3 : Lekker 188 Coffee & Foodhub

Selain penentuan juara 1, 2, dan 3, dipilih pula beberapa juara terbaik diantaranya:

  1. Best Poster : Jendela Alam
  2. Best Paper : Residence Factory Outlet
  3. Best Presenter : Cynthia Noviani (Lekker 188 Coffee & Foodhub)
  4. Best Team : In & Out Urban Eatery
  5. Best Video : CGV 23 Paskal

Melalui kegiatan Management Audit Competition ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh manfaat,  antara lain: peserta dapat lebih mendalami dan menggali konsep pemeriksaan operasional secara menyeluruh, komprehensif, dan holistik dari praktik langsung di lapangan. Diharapkan dari praktik langsung di lapangan ini, peserta lomba mampu memahami cara, teknik, dan manfaat dari melaksanakan pemeriksaan operasional demi perbaikan kinerja perusahaan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Peserta juga dapat memperoleh pengetahuan serta pengalaman langsung dari berbagai industri yang telah di audit.