Sunday , 24 September 2017
Home » Berita » Kuliah Lapangan Kelas Audit Intern ke Deloitte
Kuliah Lapangan Kelas Audit Intern ke Deloitte

Kuliah Lapangan Kelas Audit Intern ke Deloitte

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan  bekerja sama dengan PT Deloitte Konsultan Indonesia – Risk Advisory menyelenggarakan kuliah lapangan dengan topik Internal Audit. Acara ini dilaksanakan di kantor PT Deloitte Konsultan Indonesia, yaitu di The Plaza lantai 32, Jakarta pada hari Kamis tanggal 1 September 2016. Acara ini diikuti oleh dihadiri oleh 40  orang mahasiswa dari kelas Seminar Audit Manajemen dan kelas Seminar Audit Keuangan dengan didampingi oleh lima orang dosen pendamping. Acara ini diprakarsai oleh Bapak Brian Indradjaja selaku Country Risk Advisory Leader – PT Deloitte Konsultan Indonesia. Acara ini merupakan wujud kepedulian PT Deloitte Konsultan Indonesia – Risk Advisory  pada kemajuan generasi muda Unpar. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Vidvant Brahmantyo selaku Associate Director  – Risk Advisory yang menyampaikan sambutan pada seluruh peserta. Kuliah Lapangan ini terbagi ke dalam 4 sesi.9

Sesi pertama dengan topik Financial Audit dibawakan oleh Ibu Noviana Dewi selaku Senior Manager – Audit yang juga Alumni Program Studi Akuntansi Unpar. Pada sesi ini, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai Financial Audit. Penjelasan mengenai Financial Audit ini diberikan kepada mahasiswa supaya mahasiswa mendapatkan gambaran secara utuh dan seimbang mengenai Financial Audit dan Internal Audit.

Sesi kedua dengan topik New Internal Audit Methodology & COSO Framework dibawakan oleh Bapak Abdiansyah Prahasto selaku Manager  – Risk Advisory dan  topik IT Audit  yang dibawakan oleh Bapak Radhi Juniantino selaku Senior Associate. Pada sesi ini dijelaskan mengenai definisi dari Internal Audit, Three Lines of Defense untuk Management Control, COSO Framework dan Integrated Internal Audit Approach serta gambaran umum mengenai IT Audit dan SAP sebagai salah satu contoh Software ERP. Pembelajaran penting dalam sesi ini adalah sebagai berikut: (1) Definisi Internal Audit, (2) Konsep Three Lines of Defense, (3) Internal Audit Role in Risk Management, (4) Integrated Internal Audit Approach, dan (5) Internal Audit Risk Assessment.

Pada sesi ketiga dengan topik Implementation of Internal Audit (Planning – Reporting) termasuk Case Study dibawakan oleh Bapak Tommy Hartanto selaku Senior Manager – Risk Advisory yang juga Alumni Program Studi Akuntansi Unpar. Pembicara menjelaskan mengenai bagaimana prosedur Internal Audit dilakukan pada kejadian yang sebenarnya melalui studi kasus yang diberikan. Studi kasus tersebut dilakukan supaya mahasiswa dapat lebih mudah membayangkan bagaimana seorang internal audit bekerja dalam praktik sebenarnya di dunia nyata bukan sekedar teori saja. Serta ada role play bagaimana seorang internal audit menghadapi klien serta soft skill yang diperlukan dalam praktek di lapangan. Pembelajaran penting dalam sesi ini adalah sebagai berikut: (1) Pengalaman praktek dalam melakukan aktivitas Internal Audit, (2) Pembuatan laporan Internal Audit yang baik.

Sesi terakhir yaitu sesi keempat memiliki topik Internal Control for Business Process Improvement dan juga Case Study yang dibawakan oleh Bapak Hendra Wiradinata selaku Associate Director  – Risk Advisory dan Bapak Albert Wiharja selaku Assistant Manager  – Risk Advisory yang juga merupakan alumni Program Studi Akuntansi Unpar. Pada sesi ini, mahasiswa dijelaskan mengenai tujuan dari Internal Control dan bagaimana Internal Control tersebut diterapkan pada berbagai macam business process. Selain itu, pada sesi ini terdapat berbagai macam studi kasus atau contoh-contoh dari audit internal yang telah dilakukan oleh tim Risk Advisory pada berbagai macam industry. Pembelajaran penting dalam sesi ini adalah sebagai berikut: (1) Kesulitan utama yang dihadapi di dunia  praktek, (2) Beberapa pengalaman yang dihadapi saat melakukan aktivitas Internal Audit di berbagai jenis industri klien.

6 3 4

Selain itu juga seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk berkeliling di kantor Deloitte Konsultan Indonesia – Risk Advisory untuk memperoleh gambaran mengenai suasana dan lingkungan kerja . Secara paralel, kesempatan ini juga digunakan sebagai kesempatan untuk mulai membuka jaringan untuk keperluan ikatan alumni Prodi Akuntansi Unpar. Beberapa alumni prodi Akuntansi yang bekerja di Deloitte bertemu dan mulai membahas berbagai kemungkinan bentuk kerjasama ikatan alumni yang akan dibuat.

Kepedulian para alumni dan para pengguna lulusan Program Studi Akuntansi  Unpar ditunjukkan dengan penyelenggaraan acara kuliah lapangan ini yang sangat memberikan makna dan pengayaan bagi pembelajaran di kampus, baik dari segi pengetahuan maupun praktek nyata dan pengalaman-pengalaman praktis.

 8    1