KULIAH UMUM DAN PENANDATANGAN MOU DENGAN IAMI

                     

Jumat, 27 Oktober 2017 bertempat di Aula Gedung 9 Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, telah diselenggarakan kuliah umum dan penandatanganan MOU dengan IAMI. Acara ini dihadiri oleh Bapak Prof.Dr.Hamfri Djajadikerta selaku Dekan Fakultas Ekonomi UNPAR, Bapak Gery R.Lusanjaya, SE.,MT selaku Kepala Program Studi S1 Akuntansi, dan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah akuntansi biaya dan akuntansi menajamen.

Sesi pertama pada acara ini yaitu kuliah umum dengan dengan topik “Menuju ASEAN Chartered Professional Accountants” yang dibawakan oleh Bapak Agung Nugroho Soedibyo (Ketua Dewan Sertifikasi IAMI), dilanjutkan dengan pemaparan mengenai profesi akuntansi yang dibina oleh PPPK (Pusat Pembinaan Profesi Keuangan) oleh Bapak Arie Wibowo (Kepala Bidang Pengembangan Profesi Keuangan, Pusat Pembinaan Profesi Keuangan, Sekretariat Jenderal, Kementerian Keuangan).

Sesi terakhir, penandatangan MoU dengan IAMI, yang dihadiri oleh Bapak Linus Setiadi (pengurus IAMI & alumni Prodi Akuntansi), Bapak Afdal (Wakil Ketum IAMI). IAMI didirikan pada tahun1986 dengan nama Seksi Akuntan Manajemen, berada di bawah naungan Ikatan Akuntan Indonesia. Kemudian menjadi Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Manajemen, setelah Kongres IAI tahun 2006 menjadi asosiasi profesi dan secara resmi tahun 2008 menjadi Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI). Saat ini anggota yang tercatat adalah 509 orang. IAMI menyelenggarakan certified professional Management Accountant dengan tujuan untuk:

  • Meningkatkan penguasaan (proficiency) peserta atas pengetahuan dan kompetensi di bidang akuntansi manajemen dan bidang lainnya yang terkait.
  • Menjadi ukuran mutu bagi para stakeholders atas penguasaan bidang ilmu akuntansi manajemen dengan segala aspeknya yang terkait.
  • Mendorong mutual recognition atas sertifikasi sejenis dari negara-negara lain
  • Memberikan peluang bagi peserta dengan latar belakang non-akuntansi untuk mendapatkan kompetensi dalam bidang akuntansi manajemen dan bidang lain yang terkait

Di Indonesia, saat ini terdapat 13 Perguruan Tinggi yang telah menyelenggarakan perjanjian kerjasama dengan IAMI, termasuk di dalamnya Universitas Katolik Parahyangan. Isi dari MoU berisi kesepakatan, antara lain:

  1. Kerja sama penyelenggaraan kursus persiapan Ujian CPMA (CPMA Preparatory Courses);
  2. Kerjasama pelaksanaan Ujian CPMA (CPMA Examination);
  3. Bentuk kerja sama lainnya yang mendukung pengembangan profesi akuntan.