Sunday , 24 September 2017
Home » Kurikulum

Kurikulum

Karakteristik Kurikulum Program Studi S1 Akuntansi

Sebagai sumber daya khas program studi yang mempunyai peran strategis bagi pencapaian Visi, Misi, Tujuan, Sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, Kurikulum 2013 Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Unpar (selanjutnya disebut sebagai Kurikulum 2013) yang dijalankan mulai tahun akademik 2013/2014 dibangun dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Sistem Pembelajaran:

Sistem pembelajaran dilakukan dengan sistem kredit semester (sks) dengan beban kredit total minimal 144 sks dan dapat diselesaikan dalam 8 semester.

  1. Fleksibilitas  bagi mahasiswa:

Kurikulum terdiri dari Mata Kuliah Wajib (118 sks) bagi semua mahasiswa, Mata Kuliah Bidang Kajian (14-15 sks) yang merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang memilih bidang kajian tersebut, Mata Kuliah Pilihan Akuntansi (8-10 sks) serta Mata Kuliah Pilihan Umum (4-6 sks) yang bersifat pilihan bebas bagi masing-masing mahasiswa. Adanya mata kuliah bidang kajian serta Mata Kuliah Pilihan dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kompetensi yang diperlukan pada bidang yang akan dipilihnya ketika mahasiswa tersebut lulus.

  1. Cakupan ranah pembelajaran:

Kurikulum disusun mencakup 4 ranah pembelajaran, yaitu kognisi, afeksi, psikomotorik, dan kooperasi dengan 5 elemen kompetensi, yaitu landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan keterampilan, kemampuan berkarya, sikap dan perilaku berkarya, serta pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat

  1. Kesesuaian dengan kebutuhan dunia kerja:

Program Studi S1 Akuntansi menyelenggarakan 6 pilihan bidang kajian, disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dalam profesi akuntan dan lingkup sertifikasi akuntansi baik nasional maupun internasional, yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Audit Keuangan, Audit Manajemen, Perpajakan, serta Sistem Informasi Akuntansi, sehingga memungkinkan lulusan segera berkarya dalam masyarakat, sesuai dengan bidang yang dipilihnya.

  1. Keberlanjutan:

Kurikulum ini telah mengantisipasi perubahan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan jaman. Kurikulum ini juga menekankan tata nilai dalam kehidupan profesi dan masyarakat pada umumnya dengan mengedepankan pentingnya etika dan moral serta nilai-nilai Unpar.

  1. Kesinambungan:

Kurikulum Program S1 Akuntansi telah dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dasar yang memadai untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, baik pendidikan profesi maupun strata 2.

  1. Sumber ajar:

Sumber ajar terdiri dari buku teks yang umumnya beredar secara internasional, buku-buku/data/laporan yang terkait materi bahasan dari berbagai lembaga nasional dan internasional, serta artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

Sistem Evaluasi Pembelajaran

Dilakukan melalui penilaian atas partisipasi mahasiswa selama proses belajar, penugasan-penugasan yang diberikan dan atas hasil ujian pada tengah semester dan akhir semester. Makalah ilmiah menjadi bentuk evaluasi tertulis utama dalam mata kuliah seminar dan skripsi.

Sistem Penilaian Hasil belajar

Penilaian prestasi belajar dalam sebuah mata kuliah dilakukan dengan angka (1-100) yang kemudian diubah menjadi huruf mutu (A,B,C,D,E) pada akhir setiap semester. Konversi dari angka menjadi huruf mutu dilakukan dengan patokan (A:80-100; B:70-79; C:60-69; D:50-59; E:0-49) atau berdasarkan distribusi angka peserta mata kuliah. Prestasi studi mahasiswa setiap akhir semester ditunjukkan oleh Indeks Prestasi Semester (IPS) yang merupakan rata-rata dari prestasi seluruh mata kuliah yang ditempuh pada semester tersebut, terbobot dengan beban kredit mata kuliah.  Prestasi studi mahasiswa secara kumulatif ditunjukkan oleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang merupakan rata-rata kumulatif dari prestasi atas seluruh mata kuliah yang pernah ditempuh, terbobot dengan beban kredit mata kuliah.