Sunday , 24 September 2017
Home » Kurikulum » Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah

MKU.001.02
Pendidikan Pancasila – MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini membahas berbagai fenomena kehidupan bernegara di Indonesia dengan menggunakan pendekatan hermeneutik dan pedagogis. Melalui hermenutika, mahasiswa didorong untuk menampilkan sikap kritis terhadap ideologi Pancasila; melalui pedagogi, mahasiswa dilatih untuk memiliki nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai pengembangan diri yang terkait dengan hubungan intra dan inter personal dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila, yang memiliki tujuan untuk pengembangan martabat dan integritas.

MKU.002.02
Pendidikan Kewarganegaraan – MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman akan identitas nasional Indonesia, hak serta kewajiban warga Negara dan kaitannya dengan hak asasi manusia, wawasan nusantara, ketahanan nasional, strategi politik dan strategi nasional lainnya. Juga dibahas tentang bagaimana implementasi pemahaman itu dalam kehidupan bermasyarakat.

MKU.003.02
Pendidikan Agama (Katolik) –  MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Bertujuan untuk membentuk karakter religius melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang agama dan kehidupan beragama. Mata kuliah ini berpusat pada mendeteksi wahyu Tuhan dalam hidup maupun kepercayaan seseorang, serta pemahaman akan hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama. Mahasiswa juga diperkenalkan pada arti keselamatan melalui kerajaan Allah, dan bagaimana mewartakan karya Tuhan dalam pelayanan kepada sesama.

MKU.004 .02
Pendidikan Agama (Fenomenologi) – MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari analisa filosofis, kritis, rasional dan obyektif tentang pendidikan dan intisari agama. Fenomenologi agama adalah bidang empiris yang menganalisis dinamika kehidupan manusia secara kritis dan rasional, mulai dari upaya untuk menjadikan Tuhan sebagai obyek pemujaan sampai menempatkan Tuhan sebagai dasar pembenaran untuk bertindak melawan perintah Tuhan. Dari sudut pandang itu, mata kuliah ini menekankan kritik konstruktif akan perilaku manusia beragama. Kemauan untuk self-criticize dalam hal agama memiliki kaitan kuat dengan usaha menemukan kembali nilai-nilai utama agama ataupun otentisitas kehidupan beragama.

 
MKU.008.02
Etika – MBB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Melalui mata kuliah ini mahasiswa didorong untuk memahami nilai dan prinsip-prinsip moral, mengartikan tujuan hidup untuk memiliki kemampuan kritis dalam menghadapi situasi konkret, dan untuk bertindak atas dasar pertimbangan dan nalar rasional. Materi: persoalan-persoalan etika kontemporer; pemahaman dan ruang lingkup etika; kebebasan dan tanggung jawab, nalar, dan langkah-langkah kesadaran moral; etika normatif, prinsip-prinsip moral; etika profesi, etika dan bisnis dalam dunia modern, dan persoalan- persoalan etis dalam bisnis.

MKU.009.02
Bahasa Indonesia – MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan untuk dapat mengerti dan menerapkan Ejaan Bahasa Indonesia baik dalam penulisan karya ilmiah, menyusun laporan penelitian dalam komunikasi dunia bisnis maupun komunikasi secara umum.

MKU.010.02
Bahasa Inggris – MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan untuk dapat mengerti dan menerapkan Bahasa Inggris dengan baik dalam penulisan karya ilmiah, menyusun laporan penelitian dalam komunkasi dunia bisnis maupun komunikasi secara umum.

 
MKU.011.02
Estetika – MBB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini menawarkan pemahaman konseptual tentang filsafat “seni” dari sudut pandang empiris dan juga membentuk kesadaran ekologis dalam proses peradaban dan pembudayaan. Mata kuliah ini merupakan dasar bagi mahasiswa untuk memahami dan mempraktekkan seni dalam konteks filosofis, sejarah, budaya, dan global.

MKU.012.02
Logika – MPK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan keterampilan berpikir yang rasional dan sistematis. Termasuk di sini, kemampuan berpikir deduktif dan induktif seperti silogisme, argumen analogis, dan generalisasi induktif. Diskusi dalam hal teori disertai dengan pelatihan yang berfokus pada proses berpikir. Untuk mempertajam kemampuan berpikir, mahasiswa dilatih untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan (fallacies) dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam konteks ilmiah.

ESA.101.04
Akuntansi Keuangan Dasar  (+ Responsi Wajib) – MKK – 4 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini membahas mengenai siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang, pengenalan perkiraan kas dan bank, piutang, persediaan, aktiva tetap, hutang lancar, akuntansi untuk perusahaan perseroaan terbatas, akuntansi hutang jangka panjang (obligasi),  investasi dalam bentuk saham maupun obligasi, dan pengenalan mengenai akuntansi manajemen khususnya untuk perusahaan manufaktur.

ESA.102.01
Praktikum Aplikasi Komputer – MKK – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : –

Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar komputer, dan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan yaitu pengolah kata (wordprocessor), kertas kerja (spreadsheet), dan perangkat lunak presentasi (presentation program).

ESA.103.02
Statistika – MKK – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : –

Mata kuliah ini membahas tentang statistika sebagai alat pengolah data untuk keperluan penelitian atau pengambilan keputusan dalam bidang akuntansi .

ESA.104.03
Akuntansi Keuangan Menengah I – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.101.04 Akuntansi Keuangan Dasar ( + Responsi  Wajib )

Mata kuliah ini membahas mengenai  standar akuntansi keuangan, kerangka konseptual  akuntansi keuangan dalam menyusun laporan keuangan (Income Statement dan Statement of Financial Position) serta pembahasan elemen dari laporan keuangan (kas, piutang, inventori, aktiva tetap dan penyusutan, hutang jangka pendek dan kontijensi, investasi, dan aktiva tidak berwujud). Serta pemahaman mengenai  aturan-aturan yang terdapat di  IFRS dan SAK untuk topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini.

ESA.105.01
Praktikum Manajemen Basis Data – MKK – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.102.01 Praktikum Aplikasi Komputer

Mata kuliah ini membahas tentang apa hakekat dari database, mengapa database sangat penting bagi perusahaan. Mahasiswa mempelajari cara membuat dan menggunakan database sederhana. Penekanan mata kuliah ini adalah pada teknik-teknik pencarian data dalam database (query) dengan menggunakan dua metode: QBE dan SQL. Terutama tentang SQL dibahas hingga tingkat kemahiran yang cukup tinggi. Akhirnya juga dibahas cara menyiapkan sistem pengelolaan database dengan cara sederhana.

ESA.106.02
Perpajakan I  – MKB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.101.04 Akuntansi Keuangan Dasar  (+ Responsi Wajib)

Mata kuliah ini membahas mengenai pengetahuan tentang pajak yang berlaku di Indonesia, baik Pajak Negara maupun Pajak Daerah, dasar-dasar perpajakan, berbagai kewajiban, sanksi dan hak yang melekat pada Wajib Pajak, serta mampu menghitung besarnya pajak yang terutang dan melaporkannya, khususnya Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

ESA.201.03
Akuntansi Keuangan Menengah II – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.104.03 Akuntansi Keuangan Menengah I

Mata kuliah ini membahas mengenai  stockholders equity, dilutive securities dan earnings per share, pengakuan pendapatan,  sewa guna usaha, statement of cash flow, perubahan akuntansi dan analisisnya, akuntansi untuk pensiun dan imbalan kerja, dan pengungkapan. Serta pemahaman mengenai aturan-aturan yang terdapat di US GAAP, IFRS dan SAK untuk topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini.

ESA.202.03
Akuntansi Biaya ( + Responsi Wajib ) – MKK– 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.101.04 Akuntansi Keuangan Dasar (+Responsi Wajib)
ESM.202.03 Pengantar Manajemen Operasi
ESM.203.03 Pengantar Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah ini membahas bagaimana peran akuntansi dalam penyediaan informasi yang dibutuhkan manajemen, pengertian biaya, alokasi, sistem dan metode, serta prosedur akumulasi dan pembebanan biaya yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan pengambilan keputusan.

ESA.203.03
Sistem Informasi Berbasis Komputer – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.105.01 Praktikum Manajemen Basis Data
ESM.202.03 Pengantar Manajemen Pemasaran
ESM.203.03 Pengantar Manajemen Operasi

Mata kuliah ini membahas tentang peran teknologi informasi dalam dunia usaha pada masa kini. Termasuk tema yang dibahas adalah peran data dan informasi dalam perusahaan, dukungan teknologi informasi bagi perusahaan secara keseluruhan, dukungan TI bagi kegiatan operasional perusahaan, dukungan TI bagi kegiatan pengambilan keputusan, sistem-sistem informasi berbasis komputer untuk e-business dan e-commerce. Juga dibahas sekilas tentang cara mengembangkan, merawat (maintenance), dan menjaga keamanan dari sistem informasi berbasis komputer perusahaan.

ESA.204.02
Perpajakan II (+ Responsi Wajib ) – MKB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.106.02 Perpajakan I ( + Responsi Wajib )

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar Pajak Penghasilan (PPh) yang berlaku di Indonesia, menghitung PPh terutang baik untuk orang pribadi maupun badan serta memotong/memungut pajak dari pihak ketiga dan melaporkan PPh terutang dalam Surat Pemberitahuan PPh.

ESA.205.03
Matematika Keuangan – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan berkaitan berbagai cara perhitungan keuangan dalam praktek bisnis meliputi matematika dalam laporan keuangan, depresiasi, analisa laporan keuangan, konsep bunga dan nilai waktu dari uang, matematika dalam aktivitas operasi, investasi, pendanaan,  matematika dalam penganggaran modal, matematika penilaian obligasi dan saham,  matematika dalam pasar modal

ESA.206.01
Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan Manual – MKK – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.202.03 Akuntansi Biaya ( + Responsi Wajib )

Mata kuliah ini melatih mahasiswa memiliki keterampilan dalam menyusun laporan keuangan sesuai SAK secara manual dari berbagai transaksi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi tertentu pada sebuah perusahaan.

ESA.207.03
Akuntansi Keuangan Lanjut I ( + Responsi Tidak Wajib) – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.201.03 Akuntansi Keuangan Menengah II

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep yang mendasari teori atau praktik penggabungan badan usaha dengan metode acquisition, akuntansi untuk share investment pada anak perusahaan serta pelaporannya, laporan keuangan untuk perusahaan konsolidasian (consolidated company), teknik dan prosedur dalam melakukan penggabuangan badan usaha, transaksi antar perusahaan afiliasi: inventory, plant assets, bonds payable, perubahan kepemilikan dalam perusahaan konsolidasian, indirect dan mutual holding, preferred share, earning per share, dan income tax untuk perusahaan konsolidasian.



ESA.208.03
Akuntansi Sektor Publik – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.101.04 Akuntansi Keuangan Dasar (+ Responsi Wajib)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang akuntansi pemerintahan secara umum dan pengurusan keuangan pemerintahan termasuk sistem akuntansinya dan juga akuntansi untuk organisasi nirlaba.

 
ESA.209.03
Audit Keuangan I – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.201.03 Akuntansi Keuangan Menengah II
ESA.210.03 Sistem Informasi Akuntansi

Mata kuliah ini memperkenalkan mahasiswa kepada profesi akuntan publik. Apa pekerjaan utama akuntan publik, dan apa saja bidang pekerjaan lainnya yang dapat ditawarkan kepada publik. Pembahasan dilanjutkan dengan penekanan pada pemahaman tentang proses pemeriksaan akuntansi, yang merupakan bidang utama pekerjaan akuntan publik.

ESA.210.03
Sistem Informasi Akuntansi – MKB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.202.03 Akuntansi Biaya ( + Responsi Wajib )
ESA.203.03 Sistem Informasi Berbasis Komputer

Dengan memberi tekanan pada masalah informasi, metoda dan media komunikasi yang berkait dengan proses bisnis, siklus transaksi dan proses pengendalian intern, ingin diperoleh suatu pemahaman bagi peserta kuliah tentang pentingnya sistem informasi akuntansi bagi manajemen dalam hubungannya dengan kepentingan pemeriksaan akuntansi, pekerjaan profesional sehubungan dengan sistem perusahaan dan sistem pengendalian pada umumnya – termasuk lingkungan ekstern perusahaan.

ESA.211.03
Akuntansi Manajemen ( + Responsi Wajib ) – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.202.03 Akuntansi Biaya ( + Responsi Wajib )

Mata Kuliah ini membahas mengenai peranan akuntansi manajemen dalam proses perencanaan dan pengendalian, terutama yang berkaitan dengan biaya, konsep pengambilan keputusan berdasarkan informasi biaya yang relevan, konsep penetapan harga jual dan manajemen biaya, analisis profitabilitas pelanggan dan penjual, analisis profitabilitas strategis dikaitkan dengan penggunaan Balanced Scorecard, pengendalian kualitas dan waktu, manajemen persediaan, Just in Time (JIT), Backflush costing, dan transfer pricing.



ESA.301.03
Akuntansi Keuangan Lanjut II – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.207.03 Akuntansi Keuangan Lanjut I (+Responsi Tidak Wajib)

Mata kuliah ini membahas mengenai akuntansi untuk kantor pusat dan cabang, konsep-konsep akuntansi dan transaksi atas penjabaran mata uang asing, interim report dan segmental reporting, akuntansi untuk firma dalam hal pembentukan – operasi – perubahan pemilik, akuntansi untuk PT dalam hal likuidasi – reorganisasi – debt restucturing – financial distress, dan akuntansi untuk non profit organization seperti universitas – rumah sakit – organisasi sosial lainnya.

 
ESA.302.03
Audit Manajemen – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.202.03 Akutansi Biaya

Mata kuliah ini membahas bagaimana peran auditor dalam dunia bisnis. Auditor memberikan informasi pada top level management berdasarkan hasil pemeriksaan yang dimilikinya agar selalu terjadi perbaikan yang berkesinambungan bagi perusahaan. Dengan informasi yang diberikan diharapkan perusahaan akan bertambah efektif, efisien dan ekonomis, sehingga value-nya selalu meningkat. Di sini dibahas tahap-tahap dalam melakukan audit, mulai dari penentuan bagian mana yang seharusnya diperiksa, penyusunan program pemeriksaan sampai dengan pelaporan kepada yang berkepentingan. Tentunya juga mencakup bukti yang diperlukan dan cara mendapatkannya, serta cara untuk melaksanakan audit.

ESA.303.01
Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan Komputer – MKK – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.206.01 Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan - Manual

Mata kuliah ini melatih mahasiswa memiliki keterampilan dalam menyusun laporan keuangan sesuai SAK secara komputerisasi dengan menggunakan beberapa software dari berbagai transaksi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi tertentu pada sebuah perusahaan.

ESA.304.02
Analisis Laporan Keuangan – MKB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.201.03 Akuntansi Keuangan Menengah II

Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian, jenis, dan komponen analisis bisnis; analisis dan pelaporan keuangan (financial reporting); dan teknik analisis dalam aktivitas pendanaan (financing activities); aktivitas investasi (investing activities);  aktivitas operasi (operating activities); teknik analisis arus kas (cash flow); teknik analisis profitabilitas dan return on invested capital; teknik analisis prospektif (prospective analysis); teknik analisis kredit (credit analysis); teknik analisis ekuitas dan valuasi (equity analysis and valuation).

 
 
ESA.305.03
Audit Keuangan II – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.209.03 Audit Keuangan I

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari teori teknik-teknik audit yang penerapannya menggunakan pendekatan siklus, seperti misalnya mempelajari audit prosedur, uji petik, mempelajari bagaimana mengevaluasi berbagai kemungkinan, dan bagaimana menyelesaikan bagian akhir dari pekerjaan audit keuangan.

ESA.310.01
Praktikum Audit Keuangan – Manual – MKB – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.305.03 Audit Keuangan II
EAA.206.01 Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan - Manual

Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk mencoba berpraktek sebagai akuntan publik. Mahasiswa akan memperoleh klien lengkap dengan berbagai data akuntansi termasuk sejarah singkat klien dan tata kelolanya.  Kemudian mahasiswa akan menyusun audit prosedur yang tepat yang harus dilakukan, mereka juga harus mendokumentasikan pekerjaan auditnya ke dalam kertas kerja pemeriksaan, menyusun semua kertas kerja pemeriksaan yang telah selesai, melakukan penyelesaian audit, sampai keluar laporan auditnya.

ESA.311.03
Sistem Pengendalian Manajemen – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.211.03 Akuntansi Manajemen ( + Responsi Wajib )
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini membahas bagaimana penentuan perencanaan strategis untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, proses pelaksanaan dari strategi tersebut serta berbagai cara untuk mengendalikan agar sumber daya yang ada dalam perusahaan diarahkan sesuai dengan strategi untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat terlaksana (dalam keadaan tertentu strategi atau rencana tersebut dapat juga disesuaikan atau diubah sesuai dengan perubahan kondisi yang ada agar tujuan dapat tercapai). Semua ini termasuk menyelaraskan dan menyatukan tujuan maupun usaha serta sumber daya dari setiap organisasi ke arah pencapaian kinerja dari sistem penghargaan yang diberikan.

ESA.308.01
Praktikum Disain Sistem Informasi Akuntansi – MKB – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.210.03 Sistem Informasi Akuntansi

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan mengenai Sistem Informasi Akuntansi secara umum dan pengetahuan tentang dokumentasi sistem, perancangan sistem dan analisis sistem informasi termasuk sistem akuntansinya dan pengendalian intern di dalamnya.

ESA.309.03
Teori Akuntansi – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.207.03 Akuntansi Keuangan Lanjut I ( + Responsi Tidak Wajib)

Mata kuliah ini membahas mengenai hubungan teori akuntansi dengan penelitian akuntansi, institutional structure and the economics of financial reporting, postulates, principles, concept, objectives and conceptual framework accounting theory, usefulness of accounting information, uniformity & disclosure, Statement of Financial Position, Income Statement and Cash Flow,  Inflation accounting and Taxation accounting

ESA.310.02
Integrasi Sistem Informasi – MKB – 2 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.210.03 Sistem Informasi Akuntansi
ESA.105.01 Praktikum Manajemen Basis Data

Mata kuliah ini membahas tentang desain database perusahaan dan aplikasi SQL dalam  lingkungan sistem informasi yang terintegrasi. Dibahas secara mendetail komponen-komponen yang ada dalam siklus penjualan, pembelian, konversi, dan pembiayaan. Model yang digunakan untuk membahas setiap komponen tersebut adalah REA model. Turut dibahas mengenai faktor risiko dan pengendalian dalam setiap siklus/komponen tersebut.

ESA.311.03
Metode Penelitian Akuntansi – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA 103.02 Statistika
Mata Kuliah Bidang Kajian

Mata kuliah ini merupakan pengenalan awal bagi mahasiswa mengenai aktivitas meneliti. Mahasiswa yang menempuh mata kuliah ini mendapat pemahaman mengenai arti, kegunaan serta cara meneliti secara ilmiah dalam bidang akuntansi. Metode penelitian yang dibahas adalah metode-metode yang umum digunakan dalam penelitian untuk jenjang pendidikan S-1. Pelatihan ketrampilan diberi sampai tingkat yang cukup bagi mahasiswa untuk dapat menyusun usulan penelitian, mengumpul dan mengolah data serta melapor dan menyampaikan/menyajikan hasil penelitian.

ESA.312.01
Praktikum Pengolahan Informasi – MKK – 1 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESA.102.01 Praktikum Aplikasi Komputer
ESM.209.03 Manajemen Keuangan II

Pada akhir perkuliahan mahasiswa telah memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan serta memiliki kemampuan untuk menganalisis permasalahan bisnis dengan bantuan berbagai fungsi yang ada sehingga memudahkan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Software yang digunakan adalah kertas kerja (spreadsheet).

ESA.313.03
Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial – MBB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESM.101.03 Pengantar Bisnis
ESE.101.03 Pengantar Ekonomi Mikro

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada para peserta didik dalam mengenali, mengidentifikasi, mengamati, dan menganalisis lingkungan bisnis yang selalu dinamis. Untuk menunjang hal itu maka setiap peserta didik juga dibekali dengan pemahaman pokok-pokok hukum komersial yang juga mempunyai dampak pada lingkungan bisnis.

ESA.314.03
Akuntansi International – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.309.03 Teori Akuntansi
ESM.209.03 Manajemen Keuangan II

Mata kuliah ini membahas mengenai dimensi akuntansi internasional diantaranya prinsip akuntansi internasional, jenis informasi – budaya – praktek bisnis – politik dan hukum inflasi dan kurs mata uang – risiko bisnis serta pajak yang mempengaruhi operasi dan pelaporan keuangan perusahaan multinasional.

ESA.315.03
Audit Intern – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.210.03 Sistem Informasi Akuntansi
ESA.302.03 Audit Manajemen

Mata kuliah ini membahas bagaimana kedudukan dan fungsi  dan tanggung jawab Auditor Internal dalam sebuah organisasi. Hubungannya dengan Board of Director, hubungannya dengan Auditor External, Kode Etik, serta perannya dalam usaha pencapaian good corporate governance, dan juga Risk Management.

ESA.316.03
Audit Sistem Informasi – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Keuangan dan Sistem Informasi Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.210.03 Sistem Informasi Akuntansi
ESA.305.03 Audit Keuangan II
ESA.303.01 Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan - Komputer

Mata Kuliah ini membahas tentang  Audit atas Sistem Informasi pada organisasi meliputi General Control dan Application Control. Dalam General Control, diharapkan mahasiswa memahami perencanaan, perencanaan dan pengorganisasian teknologi informasi. Sedangkan dalam Application Control, diharapkan mahasiswa memahami setiap tahapan dalam aplikasi, yaitu input, proses, output dan juga database dan komunikasi.

 


ESA.317.03
Akuntansi Manajemen Lanjut – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.307.03 Sistem Pengendalian Manajemen
ESA.211.03 Akuntansi Manajemen ( + Responsi Wajib )

Pembahasan mata kuliah ini difokuskan kepada pendalaman konsep akuntansi manajemen yang mencakup Activity Based Costing, Activity Based Management, Target Costing dan konsep Reengineering, Balanced Scorecard dan pendekatan lainnya.

ESA.318.03
Perpajakan Internasional – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Perpajakan
Syarat Kesertaan    :
ESA.204.02 Perpajakan II (+ Responsi Wajib )
ESA.301.03 Akuntansi Keuangan Lanjut II

Mata kuliah ini membahas tentang ketentuan perpajakan internasional, permasalahan perpajakan internasional, cara menganalisis permasalahan dan konsekuensi perpajakan sehubungan dengan suatu transaksi internasional.

ESA.319.03
Analisis Laporan Keuangan Lanjut – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.309.03 Teori Akuntansi,
ESM.209.03 Manajemen Keuangan II
ESA.304.02 Analisis Laporan Keuangan

Mata kuliah ini membahas dengan lebih mendalam mengenai analisis laporan keuangan dan pembentukan model prediksi keuangan untuk pengambilan keputusan berdasarkan indikator keuangan perusahaan (cross sectional model, Altman model), selain memahami hubungan kondisi keuangan perusahaan dengan pasar modal dan model-model yang mendasarinya (Markowitz models).

ESA.402.03
Audit Manajemen Lanjut – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.302.03 Audit Manajemen
ESM.203.03 Pengantar Manajemen Pemasaran
ESM.202.03 Pengantar Manajemen Operasi

Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari mata kuliah audit manajemen, membahas lebih dalam bagaimana pelaksanaan audit yang memberi nilai tambah bagi perusahaan. Di sini dibahas tahap-tahap dalam melakukan audit dalam sebuah organisasi beserta contoh-contohnya. Audit dapat dilakukan mulai dari penentuan strategi organisasi maupun untuk tiap fungsi dalam organisasi seperti pemasaran, personalia, keuangan, produksi dan sebagainya.



ESA.321.03
Audit Kecurangan – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.305.03 Audit Keuangan II

Mata kuliah menjelaskan kepada mahasiswa apakah yang dimaksud dengan fraud, contoh-contoh kasus yang terjadi, kerugian-kerugian apa yang timbul sebagai konsekuensi terjadinya fraud.  Lalu dipelajari berikutnya adalah tentang siapa yang melakukan fraud, mengapa seseorang melakukan fraud, apa saja yang merupakan area dimana fraud terjadi, bagaimana mencegah fraud, dan persyaratan apa yang harus dimiliki oleh seorang auditor untuk dapat menerima penugasan fraud auditing.

ESA.322.03
Proyek Analisis dan Disain Sistem – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Sistem Informasi Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.308.01 Praktikum Disain Sistem Informasi Akuntansi

Mata kuliah ini membahas tentang sistem yang digunakan dalam suatu organisasi, organisasi itu sendiri termasuk budaya organisasi yang bersangkutan dan manajemen organisasi secara umum. Dibahas secara mendetail bagaimana mendefinisikan masalah-masalah yang berkaitan dengan sistem informasi dan menganalisis sistem informasi di suatu perusahaan. Selain itu mahasiswa diajak untuk berpikir dan bertindak secara aktif bagaimana mendesain sistem informasi yang baru untuk suatu perusahaan termasuk pengajuan proposal untuk sistem yang baru tersebut. Turut dibahas mengenai teknik-teknik pengumpulan data, pendokumentasian sistem, pembuatan prototype dan presentasi proposal.

ESA.323.03
Manajemen Biaya Stratejik – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESM.209.03 Manajemen Keuangan II
ESA.307.03 Sistem Pengendalian Manajemen
ESA.211.03 Akuntansi Manajemen ( + Responsi Wajib )

Pembahasan mata kuliah ini difokuskan pada pemahaman peran penting informasi manajemen biaya dan bagaimana pengaplikasian konsep akuntansi manajemen dalam usaha peningkatan laba, kinerja dan keberhasilan organisasi secara keseluruhan serta dapat membantu perusahaan untuk memenangkan persaingan yang dapat dicapai melalui pendekatan inovatif seperti Activity Based Costing (ABC), Activity Based Management (ABM), Target Costing dan Balanced Scorecard serta pendekatan lainnya.



ESA.324.03
Akuntansi dan Manajemen Pajak – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Perpajakan
Syarat Kesertaan    :
ESA.309.03 Teori Akuntansi
ESA.201.03 Akuntansi Keuangan Menengah II

Mata kuliah ini membahas tentang perbedaan laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan dengan Undang-Undang Pajak Penghasilan sehingga mampu menyusun laporan keuangan fiskal melalui rekonsiliasi fiskal, peraturan dan praktik perpajakan yang dapat diterapkan untuk pengelolaan pajak sehingga dicapai target pembayaran pajak yang menguntungkan tanpa pelanggaran Undang-Undang Perpajakan Indonesia.

ESA.325.01
Praktikum Audit Keuangan  –  Komputer  –  MKK – 1 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.306.01 Praktikum Audit Keuangan –  Manual
ESA.303.01 Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan Komputer

Mahasiswa akan diperkenalkan dengan software yang khusus didedikasikan untuk membantu auditor melakukan audit terhadap data-data elektronis, sehingga pekerjaan auditor menjadi lebih efisien dan efektif dengan hasil yang lebih akurat.  Software tersebut berkemampuan melakukan fungsi-fungsi interogasi, misalnya melakukan inquiry, melakukan analisis, recomputing, verifying data, extract samples, matching data records, mencari karakteristik yang abnormal, menentukan data-data mana yang berpotensi memiliki risiko salah secara material, dan sampai menyusun laporan sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh software tersebut sesuai instruksi user-nya. Mahasiswa akan mempelajari software ini secara langsung dengan panduan diktat yang telah disediakan.

ESA.401.03
Seminar Akuntansi Keuangan – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.319.03 Analisis Laporan Keuangan Lanjut
ESA.314.03 Akuntansi International

Seminar ini membahas masalah yang terjadi di dunia usaha yang berkaitan dengan teori-teori : metode pengakuan pendapatan pada perusahaan profit oriented, stock split, dividend policy,  historical cost accountingEconomic Value Added,  Earning, Net Income, perubahan kurs valuta asing (teori kebangkrutan : Altman). Selain itu juga mempersiapkan mahasiswa untuk menyusun skripsi dengan memberikan pembekalan dalam mengidentifikasi masalah penelitian (kerangka berpikir penelitian), memahami berbagai metode penelitian ilmiah ilmu sosial (akuntansi) dan  mengenal metode statistik yang relevan dalam penelitian teori akuntansi



ESA.402.03
Seminar Audit  Manajemen – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.315.03 Audit Intern,
ESA.320.03 Audit Manajemen Lanjut

Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai peranan internal auditor dan tugas-tugasnya dalam melakukan audit atas fungsi-fungsi manajemen yang ada di sebuah organisasi dan tugas lainnya seperti pengawasan atas kegiatan operasional dan keuangan perusahaan.

ESA.403.03
Seminar  Audit Keuangan – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.316.03 Audit Sistem Informasi
ESA.321.03 Audit Kecurangan
ESA.325.01 Praktikum Audit Keuangan –  Komputer

Seminar ini bertujuan untuk mengintegrasikan teori-teori audit keuangan yang telah diperoleh dari mata kuliah audit keuangan sebelumnya dan membekali mahasiswa dengan kemampuan mengeksplorasi kaitan ilmu pengetahuan dengan praktek audit di lapangan yang sangat dinamis sehingga diharapkan mahasiswa dapat memilih prosedur audit yang paling tepat atau efektif.

ESA.404.03
Seminar Sistem Informasi Akuntansi – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Sistem Informasi Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.316.03 Audit Sistem Informasi
ESA.322.03 Proyek Analisis dan Disain Sistem

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang informasi akuntansi, sistem informasi dalam konsep dan praktek, pengaruh sistem informasi dalam komunikasi ekonomi dan peran serta pengaruh manusia dalam sistem informasi baik manual maupun berbasis komputer.

ESA.405.03
Seminar Akuntansi Manajemen – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.317.03 Akuntansi Manajemen Lanjut
ESA.323.03 Manajemen Biaya Strategis

Seminar ini membahas konsep akuntansi manajemen untuk menghasilkan informasi biaya yang dibutuhkan pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan yang tidak hanya bersifat score keeping dan attention directing tapi juga problem solving. Selain itu juga dibahas mengenai global theme terkini dengan orientasi customer satisfaction

 


ESA.406.03
Seminar Perpajakan – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Perpajakan
Syarat Kesertaan    :
ESA.318.03 Perpajakan Internasional
ESA.324.03 Akuntansi dan Manajemen Pajak

Seminar ini membahas tentang konsep peraturan-peraturan dan praktik perpajakan yang dapat diterapkan dalam pengelolaan pajak untuk mencapai target pembayaran pajak yang menguntungkan tanpa terjadinya pelanggaran terhadap Undang-Undang Perpajakan Indonesia.

ESA.407.06
Skripsi Akuntansi Keuangan – MPB – 6 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.311.03 Metode Penelitian Akuntansi
ESA.401.03 Seminar Akuntansi Keuangan
MKU.009.02 Bahasa Indonesia
ESA.309.03 Teori Akuntansi

Skripsi ini membahas masalah Akuntansi Keuangan yang diminati mahasiswa. Evaluasi melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

ESA.408.06
Skripsi Audit Manajemen – MPB – 6 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.402.03 Seminar Audit  Manajemen
ESA.311.03 Metode Penelitian Akuntansi
MKU.009.02 Bahasa Indonesia
ESA.302.03 Audit Manajemen

Skripsi ini membahas masalah Audit  Manajemen yang diminati mahasiswa. Evaluasi melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

ESA.409.06
Skripsi Audit Keuangan – MPB – 6 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Audit Keuangan
Syarat Kesertaan    :
ESA.403.03 Seminar  Audit Keuangan
ESA.311.03 Metode Penelitian Akuntansi
MKU.009.02 Bahasa Indonesia
ESA.209.03 Audit Keuangan I

Skripsi ini membahas masalah Audit Keuangan yang diminati mahasiswa. Evaluasi melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.



ESA.410.06
Skripsi Sistem Informasi  Akuntansi – MPB – 6 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Sistem Informasi Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.404.03 Seminar Sistem Informasi Akuntansi
ESA.311.03 Metode Penelitian Akuntansi
MKU.009.02 Bahasa Indonesia
ESA.310.02 Integrasi Sistem Informasi

Skripsi ini membahas masalah Sistem Informasi Akuntansi yang diminati mahasiswa. Evaluasi melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

ESA.411.06
Skripsi Akuntansi Manajemen – MPB – 6 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Akuntansi Manajemen
Syarat Kesertaan    :
ESA.405.03 Seminar Akuntansi Manajemen
ESA.311.03 Metode Penelitian Akuntansi
MKU.009.02 Bahasa Indonesia
ESA.211.03 Akuntansi Manajemen (+ Responsi Wajib)

Skripsi ini membahas masalah Akuntansi Manajemen yang diminati mahasiswa. Evaluasi melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

ESA.412.06
Skripsi Perpajakan – MPB – 6 sks
Status                      : Wajib Bidang Kajian Perpajakan
Syarat Kesertaan    :
ESA.406.03 Seminar Perpajakan
ESA.311.03 Metode Penelitian Akuntansi
MKU.009.02 Bahasa Indonesia
ESA.106.02 Perpajakan I (+ Responsi Wajib)

Skripsi ini membahas masalah Perpajakan yang diminati mahasiswa. Evaluasi melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

ESA.413.03
Akuntansi Perbankan – MKK – 3 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.201.03 Akuntansi Keuangan Menengah II

Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengertian mendalam dan menyeluruh tentang akuntansi transaksi bank dan mengerti bagaimana menghasilkan laporan keuangan bank sebagai alat analisis.



ESA.414.03
Bisnis  International – MKK – 3 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I
ESA.104.03 Akuntansi Keuangan Menengah I

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan berkaitan dengan Bisnis Internasional, perdagangan global dan pusat bisnis dunia, faktor politik – teknologi – hukum yang mempengaruhi bisnis internasional. Teori perdagangan internasional dan investasi, perubahan mata uang asing, strategi manajemen internasional, strategi memasuki pasar luar negeri, struktur organisasi bisnis internasional, pengendalian bisnis internasional

ESA.415.03
Tatapamong – Pengendalian dan Risiko – MKK – 3 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.209.03 Audit Keuangan I
ESA.313.03 Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial

Dalam mata kuliah ini akan dibahas mengenai asas dan pelaksanaan Good Corporate Governance, etika bisnis serta organ perusahaan dalam kaitannya dengan Good Corporate Governance.

ESA.416.03
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan – MKK – 3 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :

ESA.203.03 Sistem Informasi Berbasis Komputer
ESA.310.02 Integrasi Sistem Informasi

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang berbagai cara sistem informasi berbasis komputer menyediakan informasi dan fasilitas-fasilitas lain bagi para pengambil keputusan. Pembahasan dilakukan berlandaskan pada klasifikasi Decision Support Systems dari Steven Alter. Materi yang dibahas mencakup: sistem pendukung keputusan, sistem informasi manajemen, OLAP, sistem informasi geografis, sistem informasi eksekutif, sistem kelola pengetahuan, sistem pakar dan inteligensia buatan.

ESA.417.03
Akuntansi Keperilakuan – MKK – 3 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.209.03 Akuntansi Manajemen (+Responsi Wajib)

Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengenal hubungan antara akuntansi dan perilaku manusia, memahami pengaruh perilaku manusia terhadap disain, penyusunan dan penggunaan suatu sistem informasi akuntansi, memahami pengaruh informasi akuntansi terhadap perilaku manusia dalam suatu organisasi dan/atau dalam suatu proses pengambilan keputusan, serta memahami metode yang tersedia untuk meramal dan mengubah perilaku manusia.



ESA.418.03
Akuntansi Lingkungan – MKK – 3 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.209.03 Akuntansi Manajemen (+Responsi Wajib)

Mata kuliah ini membahas mengenai aspek lingkungan dikaitkan dalam akuntansi, terutama dalam pelaporan serta pengambilan keputusan dengan tujuan melakukan penilaian suatu kegiatan dari sudut pandang biaya (environmental cost) dibandingkan dengan manfaatnya.

ESA.419.04
Audit Industri Spesifik – MKK – 4 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.305.03 Audit Keuangan II

Mata kuliah ini mengembangkan mahasiswa agar memiliki seluruh kompetensi dan skill yang diperlukan bagi profesi akuntan publik pada khususnya. Melalui perkuliahan, simulasi, dan diskusi kasus nyata, mahasiswa memperoleh ilmu kompetensi menyeluruh bidang Audit Keuangan, akuntansi keuangan, dan manajemen keuangan perusahaan serta implementasinya di berbagai sektor industri khusus secara terintegrasi. Dengan pembelajaran yang interaktif, mahasiswa memperoleh softskill (communication dan interpersonal).

ESA.420.01
Praktikum ERP – GL – MKK – 1 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.210.03 Sistem Informasi Akuntansi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan software ERP yang membantu dalam mengintegrasikan sistem informasi. Selain itu juga mahasiswa akan diperkenalkan dengan pilihan-pilihan pelaporan.

ESA.421.01
Praktikum ERP – GL Lanjut – MKK – 1 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.420.01 Praktikum ERP – GL

Mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara untuk menguasai pengendalian finansial, penutupan siklus akuntansi, menilai data finansial dan menghasilkan laporan keuangan komprehensif.

EAA.422.01
Praktikum ERP – A/P – MKK – 1 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.421.01 Praktikum ERP – GL Lanjut

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengelola pemrosesan accounts payable-supplier, memproses invoice dan menghasilkan laporan-laporan penting sehubungan dengan Accounts Payable Mahasiswa juga akan mempelajari mengenai penutupan periode utang dan mentransfer rincian akuntansi ke General Ledger.

ESA.423.01
Praktikum ERP – A/R – MKK – 1 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.421.01 Praktikum ERP – GL Lanjut

Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan belajar untuk menggunakan aplikasi ERP – Receivable untuk mengelola pemrosesan piutang. Melalui perkuliahan praktika ini, mahasiswa akan belajar untuk mengelola pelanggan, memproses invoice dan mengelola tagihan serta membuat laporan. Mahasiswa juga akan mempelajari mengenai penutupan periode piutang dan mentransfer rincian akuntansi ke General Ledger.

ESA.424.02
Topik Khusus Akuntansi Manajemen – MKK – 2 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.209.03 Akuntansi Manajemen (+ Responsi Wajib)

Mata kuliah ini membahas topik terkini dalam akuntansi manajemen secara mendalam sehingga memperkaya wawasan mahasiswa serta memberikan gambaran praktik khusus terkait dengan topik akuntansi manajemen terkini

ESA.425.02
Topik Khusus Akuntansi Keuangan – MKK – 2 sks
Status                      : Pilihan Akuntansi
Syarat Kesertaan    :
ESA.309.03 Teori Akuntansi

Mata kuliah ini membahas topik terkini dalam akuntansi keuangan secara mendalam sehingga memperkaya wawasan mahasiswa serta memberikan gambaran praktik khusus terkait dengan topik akuntansi keuangan terkini.

ESE.101.03
Pengantar Ekonomi Mikro – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : –

Pengantar Ekonomi Mikro membahas pelaku ekonomi individual, kegiatan ekonomi yang dilakukannya, dan dampak dari keputusan yang dibuat. Mahasiswa diperkenalkan pada konsep-konsep konsumsi optimum, permintaan, elastisitas permintaan, produksi optimum, penawaran, elastisitas penawaran, pasar, persaingan, efisiensi ekonomi, keseimbangan pasar, dan peran pemerintah. Mahasiswa sebagai perorangan maupun anggota kelompok diharapkan aktif berpartisipasi dengan membaca bahan kuliah wajib dan mampu menyusun argumentasi dan merumuskan inti pembicaraan dalam berdiskusi di kelas.



ESE.102.03
Pegantar Ekonomi Makro – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : –

Pengantar Ekonomi Makro membahas tentang kegiatan ekonomi secara agregat dan berbagai kebijakan ekonomi untuk mencapai tujuan ekonomi makro. Mahasiswa diperkenalkan pada konsep-konsep permintaan agregat, penawaran agregat, produk nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, kebijakan fiskal, dan kebijakan moneter.

ESM.101.03
Pengantar Bisnis – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini memaparkan  bagaimana seorang pengusaha menjalankan aktivitas-aktivitas bisnisnya  di lingkungan persaingan bisnis yang senantiasa berubah.  Menyampaikan bahasan antara lain aspek pemasaran, aspek operasional, aspek organisasi dan SDM, dan aspek keuangan, etika dan lingkungan bisnis, serta  perkembangan teknologi dalam bisnis.

 
 
ESM.104.03
Kepemimpinan Dasar – MBB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini mengasah keterampilan kepemimpinan mahasiswa terutama dalam hal self-leadership dan team leadership. Mahasiswa akan didorong untuk mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu, kemudian mulai memperluas lingkaran pengaruhnya pada orang lain melalui suatu proyek kelompok di kelas. Di akhir semester mahasiswa diharapkan dapat lebih terlibat secara aktif dalam proses pengembangan dirinya di kemudian hari.

 
ESM.105 .03
Manajemen – MKK – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    : -

Mata kuliah ini dirancang agar para mahasiswa memahami  bahwa management adalah proses bekerja dengan orang-orang serta memanfaatkan sumber daya dengan efisien  untuk mencapai tujuan organisasi. Proses  tersebut dilaksanakan dengan menerapkan fungsi management (POLC). Mata kuliah ini membahas rangkaian kegiatan yang sistematis dan logis berupa fungsi-fungsi manajerial yang harus dipenuhi oleh setiap manajer di tengah-tengah lingkungan yang dinamis. Kegiatan-kegiatan tersebut perlu dilakukan agar setiap organisasi dapat mewujudkan visi dan misinya.



ESM.201.03
Perilaku Keorganisasian – MKB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.105.03 Manajemen

Mata kuliah ini ditujukan untuk mempelajari perilaku di dalam organisasi – baik perilaku individu maupun perilaku kelompok. Dengan begitu, para peserta didik akan mempelajari berbagai teori dan praktek yang berkaitan dengan aspek individu, maupun aspek kelompok secara intensif. Pemahaman teori dan praktek diharapkan memberikan wawasan akan pentingnya menciptakan efektifitas organisasi melalui pengelolaan perilaku yang tepat.

 
 
ESM.202.03
Pengantar Manajemen Operasi – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESM.105.03 Manajemen

Mata kuliah ini membahas peran umum Manajemen Operasi dalam suatu perusahaan untuk meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, produktivitas, serta efisiensi. Selain itu membahas juga bagaimana menentukan strategi operasi, cara beroperasi dalam lingkungan global, cara mendisain barang dan jasa, cara membuat perencanaan fasilitas dan proses konversi input menjadi output, penghitungan waktu standar, pemilihan mesin, lokasi, tata letak, penanganan material, perencanaan dan pengendalian produksi, jaringan kerja, pengelolaan persediaan, pengelolaan kualitas, dan pemeliharaan fasilitas produksi. Pengantar Manajemen Operasi menekankan pada pengertian dasar sebagai landasan untuk dapat melanjutkan ke Manajemen Operasi.

 
ESM.203.03
Pengantar Manajemen Pemasaran – MPB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESM.105.03 Manajemen

Mata kuliah ini membahas konsep dasar Manajemen Pemasaran seperti pengertian-pengertian dasar pemasaran, proses pemasaran, sasaran kegiatan Manajemen Pemasaran, perencanaan pemasaran, sistem informasi pemasaran, strategi pemasaran-bauran pemasaran.  Selain itu  membahas juga tentang perilaku pasar baik pasar konsumen maupun pasar bisnis. Pengantar Manajemen Pemasaran menekankan pada pengertian dasar sebagai landasan yang kokoh untuk dapat melanjutkan ke Manajemen Pemasaran.

 


ESM.204.03
Manajemen Keuangan I – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESM.105.03 Manajemen
ESA.101.04 Akuntansi Keuangan Dasar (+Responsi Wajib)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengertian keuangan, fungsi manajemen keuangan, lembaga keuangan, laporan keuangan, penyusutan dan aliran kas, analisis laporan keuangan, perencanaan keuangan, modal kerja, pembiayaan jangka pendek, kas dan surat berharga, manajemen piutang dagang, manajemen persediaan, Mahasiswa diharapkan menjadi mudah untuk mempelajari manajemen keuangan melalui kasus nyata pada umumnya, khususnya kasus di Indonesia.

 
ESM.206.03
Manajemen Insani (+Praktikum) – MKB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.201.03 Perilaku Keorganisasian

Mata kuliah ini membahas kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh Departemen Sumber Daya Manusia: staffing, training dan development, performance management, compensation, labor relations. Kegiatan tersebut dibahas dihubungkan pada tujuannya yaitu agar organisasi dapat memiliki sumber daya manusia yang kapabel dan berkomitmen untuk tercapainya keberhasilan strategi organisasi dan keunggulan bersaing. Mata kuliah ini mencakup kegiatan praktikum dan praktik untuk membangun kemampuan teknis yang relevan dalam bidang manajemen insani.

 
ESM.209.03
Manajemen Keuangan II – MKB – 3 sks
Status                      : Wajib
Syarat Kesertaan    :
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang: nilai waktu dalam keuangan, risiko dan pengembalian, penilaian, prinsip-prinsip penganggaran modal,dan aliran kas, teknik-teknik penganggaran modal, biaya modal, pengaruh dan struktur modal, hutang jangka panjang, saham biasa dan saham preferen, kebijakan deviden, sewa guna usaha dan pasar modal Indonesia. Mahasiswa diharapkan menjadi mudah mempelajari manajemen keuangan melalui contoh-contoh pengambilan keputusan dalam bidang keuangan dan kasus nyata pada umumnya, khususnya kasus di Indonesia.

ESM.210.02
Komunikasi Bisnis – MBB – 2 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.105.03 Manajemen

Mata kuliah ini berisi dasar pengetahuan komunikasi verbal dan nonverbal. Termasuk di dalamnya adalah pengetahuan bagaimana cara menyampaikan pesan tertulis kepada “audience” yang beragam, cara menyampaikan kabar baik, buruk, serta informasi persuasif secara tertulis. Selain itu peserta mata kuliah ini belajar mengaplikasikan semua keterampilan diatas melalui internet dan alat teknologi lain, melalui grafik dan alat visual lain serta memberikan cara-cara presentasi.

 
ESM.301.03
Kewirausahaan – MBB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.202.03 Pengantar Manajemen Operasi
ESM.203.03 Pengantar Manajemen Pemasaran
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini membahas  sikap dan wawasan yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan. Di dalamnya berisi pengetahuan dan ketrampilan,  juga pengalaman untuk belajar menjadi seorang wirausahawan. Proses belajar mahasiswa  selain dalam kelas juga di luar kelas dengan melakukan pameran bisnis.

 
ESM.302.01
Simulasi Bisnis – MBB – 1 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.202.03 Pengantar Manajemen Operasi
ESM.203.03 Pengantar Manajemen Pemasaran
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir komprehensif dalam bidang ilmu manajemen, meningkatkan kemampuan problem solving dan decision making. Pendekatan perkuliahan mata kuliah ini adalah melalui simulasi dengan on-line business cases, dengan perangkat lunak Capsim Foundation.

 
ESM.309.03
Manajemen Investasi dan Portofolio – MKB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.209.03  Manajemen Keuangan II

Manajemen Investasi dan Portofolio merupakan konsep mengenai investasi dalam aset keuangan (financial assets investment) beserta risiko dan tingkat hasilnya (risk and return). Selain itu dibahas juga mengenai bagaimana mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset keuangan lainnya baik dalam bentuk sekuritas individu maupun portofolio dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.

 
ESM.310.03
Manajemen Keuangan Internasional – MKB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.209.03  Manajemen Keuangan II

Mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional mempelajari beberapa aspek  pengelolaan keuangan yaitu: modal kerja, capital budgeting, biaya modal  dan struktur modal dalam perspektif perusahaan multinasional. Dan dipelajarinya konsep  neraca pembayaran, mekanisme pasar uang, peran hedging dikaitkan dengan kepentingan pengelolaan MNC.

 
ESM.328.03
Pasar Modal Indonesia – MKB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.209.03 Manajemen Keuangan II

Mata kuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar  pasar modal dan prospek karir di pasar modal. Materi pengetahuan yang disampaikan adalah  situasi  Pasar Modal Indonesia, meliputi: peraturan-peraturan pemeritah di bursa, mekanisme perdagangan di BEI, instrumen saham, obligasi, reksadana, dan opsi, serta mempelajari alat analisis fundamental dan teknikal. Untuk membuat mata kuliah ini semakin menarik, juga disampaikan pembahasan sebuah kasus proses  go-public-emisi sebuah perusahaan di BEI.

 
ESM.331.03
Manajemen Bisnis Keluarga – MKB – 3 sks
Status                      : Pilihan Umum
Syarat Kesertaan    :
ESM.202.03 Pengantar Manajemen Operasi
ESM.203.03 Pengantar Manajemen Pemasaran
ESM.204.03 Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini mengeksplorasi dan menganalisis masalah kelangsungan bisnis keluarga dari berbagai sudut aspek tantangannya. Karena berfokus pada pendekatan pragmatis, action-oriented, manajemen, dan keterampilan kepemimpinan keluarga/bisnis maka mata kuliah ini diajarkan melalui kehidupan dan kasus-kasus tertulis, diskusi dan proyek pengalaman dengan bisnis keluarga.