PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SECARA TERKOMPUTERISASI BAGI KOMISI PENGEMBANGAN SOSIAL EKONOMI KEUSKUPAN BANDUNG

Tim pengabdi dosen Program Studi S1 Akuntansi FE UNPAR tahun 2017 telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian dengan Mitra kami adalah Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Bandung yang memiliki beberapa bidang pelayanan, diantaranya: produsen pupuk lascing, produsen sayur organik, dan beras organik.. Kegiatan pengabdian ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun 2016 yang menitikberatkan pada pendampingan penyusunan laporan keuangan manual untuk unit saung organik lascing, khusus bidan pelayanan produsen pupuk lascing. Hasil yang telah dicapai pada tahun lalu yaitu program aplikasi penyusunan laporan keuangan, buku panduan sebagai pedoman penggunaan aplikasi yang secara khusus didesain untuk kebutuhan bidang pelayanan produsen pupuk lascing, modul pelatihan dan pendampingan secara kontinyu.

Pada tahun 2017, kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan penyusunan laporan keuangan secara terkomputerisasi yang dikembangkan tidak saja untuk bidang pelayanan produsen pupuk lascing, tetapi juga bidang pelayanan produsen sayur organik. Saat ini, usaha dari mitra telah berkembang dan berdampak pada meningkatnya jumlah transaksi, sehingga diperlukan pencatatan akuntansi yang terstruktur dan terintegrasi serta penyusunan laporan keuangan secara terkomputerisasi agar mitra dapat memperoleh informasi yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Perkembangan usaha yang dilakukan oleh mitra tentunya dapat berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat sekitar lokasi produksi, yaitu di daerah Cigugur, Kuningan, dan Ciwidey.