PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM DAN OPTIMALISASI POTENSI DESA CIBULUH

                        

Tim pengabdi dosen Program Studi Sarjana S1 Akuntansi UNPAR melakukan pengabdian di Desa Cibuluh yang berlokasi di Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran penduduk akan pentingnya pencatatan keuangan keluarga dan kegiatan UMKM dalam rangka pengambilan keputusan yang lebih baik (2) meningkatkan kualitas dan kompetensi kaum muda desa sebagai generasi penerus yang akan mengembangkan dan memajukan desa (3) mengoptimalkan potensi objek wisata desa dan (4) mendampingi aparat desa dalam proses penyusunan jurnal akuntansi terkait dengan laporan realisasi APBDesa.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, telah dilakukan sejumlah tahapan kegiatan sejak bulan Februari sampai dengan Oktober 2017, yaitu diselenggarakannya rangkaian kegiatan pelatihan penyusunan laporan keuangan sederhana bagi UMKM, pencatatan keuangan keluarga, serta pelatihan berbahasa Inggris. Sementara untuk mencapai tujuan nomor 3 dan 4 tersebut di atas, tim pengabdi pada kegiatan tahun ini baru berhasil mengumpulkan data terkait wisata dan dana desa serta mengusulkan sejumlah hal untuk mengoptimalkan kedua hal tersebut.

Direncanakan bahwa diskusi dan program lebih lanjut terkait penyusunan rencana strategis desa, termasuk di dalamnya adalah mengenai pengembangan potensi ekonomi desa serta optimalisasi potensi wisata dan dana desa, dapat dilaksanakan pada kegiatan pengabdian lanjutan pada tahun depan. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi desa, yaitu adanya pengembangan perekonomian desa dan potensi wisata desa, serta peningkatan kesejahteraan keluarga dan kompetensi kaum muda.