Sunday , 24 September 2017
Home » Berita » Pengelolaan Defisit Anggaran Sebagai Upaya Mencapai Ketahanan Fiskal di Indonesia
Pengelolaan Defisit Anggaran Sebagai Upaya Mencapai Ketahanan Fiskal di Indonesia

Pengelolaan Defisit Anggaran Sebagai Upaya Mencapai Ketahanan Fiskal di Indonesia

Pada tanggal 23 januari 2014, Bertempat di Aula Fakultas Ekonomi UNPAR, Dies Natalis ke-59 Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan dilaksanakan dengan mengambil tema “Pengelolaan Defisit Anggaran Sebagai Upaya Mencapai Ketahanan Fiskal di Indonesia”. Orasi disampaikan oleh Ivantia S. Mokogita Ph.D., Judul ini diangkat mengingat, bahwa ketahanan fiskal mulai mendapat perhatian sejak terjadinya krisis ekonomi di Asia pada tahun 1997-1998. Pada saat peningkatan beban pengeluaran pemerintah akibat krisis tidak diimbangi oleh penambahan pendapatan, maka ketahanan fiskal terganggu. Akibatnya, peran pemerintah untuk memberikan stimulan pada saat terjadi depresi akan ikut terganggu.

Orasi kali ini bertujuan untuk membahas upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai ketahanan fiskal melalui pengelolaan risiko fiskal yang lebih baik. Secara umum ditunjukkan, bahwa upaya tersebut telah sesuai dengan rencana pemerintah Indonesia yang tertuang dalam dokumen Rusia’s G20 Presidency 2013. Uraian dalam orasi ini diawali oleh kondisi fiskal secara global, kemudian diikuti oleh perkembangan ketahanan fiskal di Indonesia serta berbagai upaya pemerintah yang telah dilakukan untuk meningkatkan ketahanan fiskal. Perkembangan tersebut dilihat melalui dua indikator utama ketahanan fiskal yaitu rasio defisit anggaran (overall deficit) terhadap PDB dan rasio utang terhadap PDB. Selanjutnya, upaya pemerintah ditunjukkan melalui pengelolaan anggaran defisit dan risiko fiskal yang lebih baik serta ditunjang oleh reformasi sistem lembaga keuangan.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan pula penghargaan terhadap mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi yang telah mengikuti kompetisi baik dalam tingkat nasional maupun tingkat internasional. Diharapkan kedepan peran serta mahasiswa Fakultas Ekonomi UNPAR dapat terus mengukir prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.