PRESENTASI MAKALAH PADA THE 6TH INTERNATIONAL ACCOUNTING CONFERENCE

International Accounting Conference adalah konferensi internasional yang diadakan setiap tahun oleh Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) dimulai pada tahun 2012. Setiap tahunnya diadakan di beragam kota yang berbeda. The 6th International Accounting Conference diadakan pada tanggal 27-29 Agustus 2017 di hotel Tentrem, Yogyakarta.

Pada hari Minggu 27 Agustus 2017 kegiatan diisi dengan sesi presentasi paper, antara lain: presentasi tentang “Innovative Teaching Method: The New Approach of Teaching IFRS” oleh Prof. Dr. Susela Devi K. Suppiah dari UNITAR International University lalu presentasi tentang “Innovative Research Tool: A Simple Template for Pitching Research” oleh Prof. Robert Faff dari University of Queensland.

Hari kedua, kegiatan dibuka dengan pidato dari Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., dan Wakil Kepala Bank Indonesia, Mirza Adityaswara. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 yang akan diadakan di Indonesia. Selanjutnya, sesi diskusi panel tentang “The Government Financial Policy in the Digital Era” oleh Eni V. Panggabean, PhD., Grace Retnowati, dan Prof. Dr. John Hutagaol, lalu diskusi panel tentang “The Role of Accounting Profession in the Digital Era” oleh Prof. Richard Petty, Agung Nugroho Soedibyo, dan Henny Purnamawati.

Hari ketiga, sesi diskusi panel tentang “Ethics, Risk and Governance in the Digital Era” oleh Prof. Sidharta Utama, PhD, Prof. Normah Omar, PhD, dan Prof. Hironori Fukukawa, PhD. Dilanjutkan dengan diskusi panel tentang “Meeting the Challenges in the Digital Era: An Industry Perspective” oleh Neneng Goenadi, Erik Koenen, dan Isnaeni Achdiat. Dilanjutkan dengan sesi presentasi paper, pada sesi ini mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Felix Wijaya Indra Putra turut mempresentasikan papernya yang berjudul “Wether or Not Accountant is Still Needed in Regards of ERP Implementation”.