Widya Mandala Speaks on Accounting (Wimasing) – “Akuntansi di Era Digitalisasi”

Pada tanggal 2 – 4 Mei 2019 berlokasi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, tim lomba akuntansi yang beranggotakan Albertus Erik Chandra (2016130020) , Joshua Michael Selano (2016130043), dan Liko Kurniawan (2016130150) telah mengikuti kompetisi karya tulis (paper) nasional Widya Mandala Speaks on Accounting (Wimasing) 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Kompetisi ini terdiri dari babak seleksi paper dan final.

Babak pertama adalah seleksi paper dari perguruan tinggi se-Indonesia. Kemudian Babak final diikuti oleh 20 tim yang telah lolos seleksi paper. Pada babak final dilakukan sesi presentasi dan tanya jawab di depan tiga orang dewan juri.

Paper yang dihasilkan dan dipresentasikan di dewan juri berjudul “RECAPITALISE (Revolutionizing Continuous Audit Processes with Incredible Transformation of Artificial Intelligence Support for E-Commerce). Dalam pengerjaannya karya tulis ini dibimbing oleh dua dosen Akuntansi Unpar, yaitu Ibu Dr. Amelia Setiawan, S.E., M.Ak., Ak., CISA dan Ibu Linda Damajanti Tanumihardja, Dra., M.Ak., Ak.

RECAPITALISE sendiri merupakan gagasan tim yang memuat kerangka kerja yang terdiri dari komponen sistem yang diperlukan, sistem audit terautomatisasi, systems compatibility, dan skill teknologi yang dimiliki auditor. Kerangka kerja ini dikembangkan untuk melakukan continuous audit yang mengedepankan real-time assurance yang mutlat diperlukan dalam pengendalian internal di transaksi e-commerce saat ini. Pada babak final, tim lomba akuntansi UNPAR meraih Juara I, Best Presentation, dan Best Paper II.  Keberhasilan yang diraih oleh tim lomba akuntansi diharapkan dapat mendorong mahasiswa UNPAR untuk ikut serta dalam perlombaan akuntansi untuk menguji kemampuan, daya juang, kerja sama dan strategi serta diharapkan dapat mengharumkan nama baik UNPAR.