Workshop Data Analytics using Power BI oleh KAP Deloitte Risk Advisory – Jumat 25 Oktober 2019

Workshop Data Analytic using Power BI ini terselenggara berkat kerjasama Program Studi Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan dengan Kantor Akuntan Publik Deloitte ( Risk Advisory ) yang dilatarbelakangi dengan perkembangan teknologi era revolusi industri 4.0 yang semakin pesat dan tak terelekan seperti adanya perusahaan – perusahaan berbasis teknologi untuk kehidupan sehari – hari  dan perkembangan teknologi pembayaran dengan mudah yaitu cukup hanya dengan menggunakan smart phone . Disisi lain juga adanya kebutuhan akan  pentingnya pengolahan data yang jumlahnya sangat besar di dunia usaha saat ini (big data) untuk diolah menjadi suatu informasi yang dapat bermanfaat bagi pengembangan strategi dalam memenangkan persaingan bisnis. 

Terselenggara acara workshop ini berkat dukungan salah seorang alumni Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi – Universitas Katolik Parahyangan yang sudah bekerja selama 12 tahun di Deloitte Konsultan Indonesia yaitu Bpk Syailendra Budiristio selaku Director yang sangat memperhatikan perkembangan dunia pendidikan bagi adik – adik kelasnya di Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi – Universitas Katolik Parahyangan dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu Data Analytics using Power BI .

Pada workshop ini selain Bpk Syailendra Budiristio, datang juga dua alumni dari Fakultas Ekonomi – Universitas Katolik Parahyangan yaitu Bpk Evan Hadinata Ginting dengan posisi Senior Associate  ( Akuntansi  2012 ) dan Ibu Dara Nursafira Rasyid dengan posisi Associate ( Manajemen 2013 ) untuk berbagi pengalaman dan memperkenalkan data analytics dengan menggunakan Power BI  dan melatih adik – adik kelas dalam workshop. Selain itu juga workshop ini didukung oleh Bpk Fananda Herda Perdana selaku Senior Associate di PT Deloitte Konsultan Indonesia yang berasal dari Institut Teknologi Surabaya.

Pada workshop ini diikuti oleh 41 peserta mahasiswa Akuntansi dan 10 dosen Program Studi Akuntansi. Workshop ini terdiri dari dua  sesi yaitu pada sesi pertama mahasiswa diberikan pembekalan mengenai perkembangan dunia saat ini di era revolusi Industri 4.0 dan Data Analytics serta pengenalan dasar mengenai penggunaan tools power BI seperti menarik, mengolah dan menganalisis data.

Bapak Syailendra Budirisistio
Bapak Evan Hadinata Ginting
Bapak Fananda Herda Perdana
Ibu Dara Nursafira Rasyid

Pada sesi ke dua dilanjutkan dengan penggunaan tools Power BI dan case studi yang diberikan pada suatu perusahaan di bidang retail yang mengalami suatu permasalahan pada area bisnis pembelian, dan para peserta diminta untuk menganalisisnya dengan menggunakan Power BI secara langsung serta mempresentasikan hasil evaluasi yang dilakukan.

Mahasiswa dibagi menjadi 7 tim secara berkelompok berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari case yang diberikan dengan mempraktikan secara langsung program Power BI, maka terpilihlah satu tim yang dinilai paling baik untuk mempresentasikannya di depan sehingga mahasiwa lainnya dapat memperoleh wawasan lebih dari apa yang berbeda dengan kerja kelompok timnya sendiri.

Pengalaman ini menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan bagi mahasiswa Akuntansi dalam memasuki dunia kerja yang saat ini sangat berkembang pesat dan para lulusan Akuntansi dituntut untuk lebih menguasai pengolahan dan analisis data.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat, sertifikat, serta kenang – kenangan  sebagai tanda terima kasih dari pihak Universitas Katolik Parahyangan yang diwakili oleh Ibu Dr Sylvia Fettry, SE.,SH.,M.Si.,Ak., selaku Ketua Program Studi Akuntansi ke pihak Deloitte yang diwakili oleh Bpk Syailendra Budiristio selaku Director PT Deloitte Konsultan Indonesia .

Semoga kerjasama ini dapat terus terbina demi kemajuan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan di masa yang akan datang.  Terima kasih pada pihak Risk Advisory PT Deloitte Konsultan Indonesia atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan.