Kelas Audit Industri Spesifik – Pertemuan ke-1 Tahun 2022

Kelas Audit Industri Spesifik merupakan kelas kerjasama antara Jurusan Ilmu Akuntansi -Fakultas Ekonomi – Universitas Katolik Parahyangan dengan Kantor Akuntan Publik KPMG, yang membahas berbagai jenis audit di industri yang beragam mulai dari Industri General Mining, Plantation, Power Plant, Banking, Multi Finance, Insurance, Real Estate, FMCG, Hotels & Resorts, & e-Commerce . Kelas ini diajar oleh para pengajar dari Praktisi KPMG yang memberikan wawasan mengenai berbagai aspek mulai dari Akuntansi dan Audit di industri terkait. Kelas ini dilaksanakan selama 1 semester mulai dari September 2022 sampai Januari 2023 yang diikuti oleh 47 mahasiswa .

Pada pertemuan perdana ini diawali oleh sambutan dari Ibu Dr Sylvia Fettry, SE., SH.,M.Si.,Ak selaku Ketua Jurusan Ilmu Akuntansi dan Bapak Aji R Paramartha , SE.,MTSC selaku Head of People KPMG Indonesia .Pertemuan perdana ini dibawakan oleh Ibu Kusumaningsih Angkawidjaja selaku Former Head of Audit & Assurance . Diawali dengan pemaparan mengenai standar audit internasional yang berlaku di Indonesia , standar kode etik profesi akuntan, standard yang mengatur penggunaan jasa pihak lain seperti Jasa Aktuaria dan Valuasi Financial Instrument yang digunakan oleh Akuntan untuk memberikan opini, serta standard – standard lain yang mengatur .

Pada pertemuan pertama ini diberikan pembekalan mengenai karakteristik dari tiap bisnis proses , risiko audit yang ada di masing – masing industri berdasarkan karakteristik industry, dengan tujuan memberikan gambaran umum dari tiap industri yang akan di bahas pada tiap pertemuan sehingga mahasiswa memperoleh wawasan . Akhir sesi ditutup dengan sesi tanya jawab, terlihat antusias mahasiswa dalam kelas Audit Industri Spesifik.

X