Kolaborasi Riste dan Inovasi Multi Pihak untuk Pencapaian Indonesia Maju 2045

Organisasi Riset dan Tata Kelola Pemerintah, Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (OR TKPEKM-BRIN) bekerjasama dengan Universitas Katolik Parahyangan Bandung menyelenggarakan webinar dengan mengangkat tema “Kolaborasi Riset dan Inovasi Multi Pihak untuk Pencapaian Indonesia Maju 2045”. Acara ini diselenggarakan pada Hari Jumat, 17 Juni 2022 dan dihadiri oleh dosen dari Program Studi Akuntansi UNPAR dan dosen-dosen dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui platform zoom dengan menghadirkan Bapak Irwanda Wisnu Wardhana, SST., MPP., Ph.D (Kepala Pusat Riset Koperasi, Korporasi, dan Ekonomi Kerakyatan – PR KKEK) sebagai narasumber. Acara ini diawali dengan penyampaian kata sambutan oleh Ibu Budiana Gomulia, Dra., M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi UNPAR). Dalam sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab dimoderatori oleh Ibu Paulina Permatasari, SE., M.Ak., CMA., CSRS., CSRA., (Kepala Pusat Program Studi Akuntansi UNPAR).

Materi yang dipaparkan oleh Bapak Irwanda, antara lain: gambaran sumber daya manusia dalam menyambut Indonesia maju tahun 2045 dan strategi untuk mendukung Riset dan Inovasi, seperti: regulasi, mobilitas periset, skema fasilitasi, serta dampak riset dan inovasi terhadap kemajuan ekonomi. Menurut Bapak Irwanda, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kata kunci untuk membangun kekuatan daya saing suatu Bangsa, agar dapat menghasilkan produk bernilai tambah dan memberikan keunggulan kompetitif.  Salah satu faktor yang dapat mewujudkan hal ini adalah kolaborasi korporasi dengan menciptakan ekosistem riset yang kondusif berupa sinergi triple helix antara peneliti, pemerintah, dan industri. Pemerintah bertindak sebagai integrator yang bertugas sebagai mediator komunikasi antara industri dan peneliti. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap paradigma ekonomi dari yang berbasis sumber daya alam menjadi berbasis inovasi. Dengan demikian, inovasi memiliki peran penting dalam membangun ekonomi berbasi pengetahuan yang bertumpu pada peningkatan produktivitas.

Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis dan ucapan terimakasih oleh Ibu Sylvia Fettry EM, SE., SH., M.Si., Ak., CA (Ketua Jurusan Akuntansi UNPAR) kepada narasumber dan moderator, serta diakhiri dengan doa penutup.

X